Archive for the Category » Uncategorized «

SEKS PASCA SERANGAN JANTUNG : TAK DILARANG, ATAU PANTANG???

Oleh: dr. Lowry

Penyakit jantung koroner merupakan penyebab kematian tersering di seluruh dunia, yakni sebesar 12 juta kematian pertahun. Untuk itu segala pihak yang terkait berupaya untuk membentuk sistem penanggulangan, mulai dari preventif dan promotif (pinformasi dan pencegahan), kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (pemulihan). Rehabilitasi menjadi bagian yang tak kalah penting karena tujuan utamanya adalah untuk mengembalikan fungsional pasien paling tidak mendekati fungsinya sebelum terkena serangan jantung.

more »

Category: Uncategorized  Comments off

Apakah Yang Bisa Dilakukan Bila Batuk Karena Captopril??

Oleh: dr. Bagus H. Kuncahyo

Sejak ditemukannya captopril tahun 1977, beserta obat golongan Angiotensin converting enzyme (ACE) inhibitor lainnya (enalapril, lisinopril, ramipril dll) telah digunakan secara luas untuk pengobatan hipertensi, gagal jantung kongestif dan infark miokard (IM).1,2,3 Banyak penelitian klinis menunjukkan bahwa captopril menurunkan angka sakit (morbiditas) dan angka kematian (mortalitas) pada pasien gagal jantung kongestif. Beberapa studi juga menduga bahwa captopril efisien dalam mencegah pembengkakan (remodelling) jantung kiri setelah IM dan gagal jantung kongestif.1

more »

Category: Uncategorized  Comments off

HATI – HATI DALAM MEMILIH KONTRASEPSI

Oleh: dr. Valerinna YSP

Pertanyaan yang sering muncul saat seorang wanita hendak memilih jenis kontrasepsi  adalah kontrasepsi apa yang tepat untuk dirinya serta resiko apa saja yang dapat ditimbulkan.

Pengetahuan tentang kontrasepsi khususnya kontrasepsi hormonal merupakan hal penting yang harus diketahui wanita sebagai  upaya perlindungan tidak hanya terhadap kesehatan reproduksinya namun juga kesehatan jantungnya.

more »

Category: Uncategorized  Comments off

Aktif Bergerak YES Penyakit Jantung Koroner NO

Oleh: dr. Supono

Timbulnya penyakit jantung koroner dapat dipicu oleh berbagai hal, dan banyak faktor resiko yang dapat meningkatkan seseorang untuk timbul serangan jantung koroner, salah satunya adalah kurangnya aktivitas fisik. Berkembangnya teknologi informasi dan transportasi sangat membantu aktivitas manusia. Kemudahan-kemudahan tersebut menyebabkan minimnya aktivitas fisik manusia karena berbagai aktivitas dapat dilakukan di satu tempat sehingga aktivitas fisik semakin berkurang. more »

Category: Uncategorized  Comments off

OBESITAS DAN HIPERTENSI

Oleh: dr. Arinta Setyasari
Saat ini angka kejadian obesitas ( kegemukan ) dan hipertensi ( tekanan darah tinggi ) cenderung mengalami peningkatan. Hasil survey obesitas ditemukan  64% penduduk Amerika,  50% penduduk Eropa yang tinggal di Asia, 35% penduduk Jepang & 33% penduduk Korea serta 34% dari 240 juta penduduk Indonesia mengalami obesitas.